Penelitian Eksplanasi

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - February 15, 2014
Tahukah kalian apa yang dimaksud dengan penelitian eksplanasi itu? Untuk yang belum tahu apa penelitian eksplanasi itu, silahkan simak penjelasannya berikut ini.

Penelitian eksplanasi merupakan penelitian yang mengkaji keterkaitan sebab akibat antara 2 fenomena atau lebih.  Penelitian eksplanasi ini digunakan untuk menentukan apakah suatu hubungan sebab akibat benar atau tidak,  untuk menentukan kebenaran antara 2 atau lebih eksplanasi yang bersaingan.

Tujuan dari penelitian eksplanasi bisa juga untuk menjelaskan, contohnya, “mengapa” sebuah kota tipe tertentu memiliki tingkat kesejahteraan yang lebih tinggi dibandingkan kota tipe yang lainnya. Keterangan: didalam penelitian deskriptif cuma diterangkan bahwa tingkat kesejahteraan di kota tipe tersebut tidak sama dengan kota tipe yang lainnya, namun tidak diterangkan “mengapa” hubungan sebab dan akibat hal tersebut bisa terjadi.
Penelitian Eksplanasi

Demikian sedikit penjelasan tentang Penelitian Eksplanasi, silahkan dipahami mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan kita.

Artikel Terkait