Macam-macam Tujuan Penelitian

By: Johan Supriyanto, S.Kom. - February 12, 2014
Pembahasan kali ini yaitu mengenai Macam-Macam Tujuan Penelitian. Sama seperti yang telah dijelaskan pada artikel sebelumnya mengenai Pengertian Riset/ penelitian. Bahwa penelitian berhubungan dengan keingin tahuan manusia yang tiada hentinya sehingga timbul sebuah pertanyaan dan selalu mencari jawaban atas pertanyaan tersebut. Maka dari itulah tujuan dari suatu penelitian yaitu untuk merumuskan pertanyaan dan mendapatkan jawaban atas pertanyaan tersebut.

Sebuah penelitian dapat mendorong terjadinya penelitian lebih lanjut jika tujuan penelitian dapat bercabang. Tiada satu orang pun yang dapt mengajukan seluruh pertanyaan, dan juga tiada seorangpun yang dapat mendapatkan seluruh jawabahn bahkan untuk satu pertanyaan saja. Dari situlah kita membutuhkan upaya untuk membatasi tujuan penelitian. Dipandang dari usaha membatasinya terdapat berapa macam tujuan penelitian.
Macam-macam Tujuan Penelitian


Itulah sedikit penjelasan dari Macam-macam Tujuan Penelitian. Semoga apa yang saya sampaikan diatas dapat menambah wawasan kita.

Artikel Terkait