Apa itu Riset atau Penelitian?

Sudah tahukah Apa itu Riset atau Penelitian? Kata Riset atau Penelitian merupakan kata yang dipergunakan dalam pembicaraan sehari-hari yang mempunyai cakupan arti yang luas. Terkadang kita bingung dalam memahami arti kata tersebut dengan petunjuk atau tanda tanda yang jelas untuk membedakan antara yang satu dengan yang lain. Bisa saja, sesuatu yang awalnya dikenal sebagai penelitian ternyata bukan penelitian, dan konsep-konsep yang tidak benar, pastinya harus dihilangkan diganti dengan konsep yang sudah benar.
Apa itu Riset atau Penelitian?

Setiap orang pada dasarnya selalu ingin tahu dan inilah yang membuat orang bertanya dan ingin tahu jawaban atas apa yang ditanyakan itu. Sehingga orang tersebut akan terus mencari jawaban.  Sebuah cara yang dapat digunakan untuk mencari suatu jawaban adalah dengan melakukan penelitian. Selain melakukan penelitian dapat juga bertanya dengan seseorang atau bisa juga dengan mencari sebuah buku yang dapat menjawab pertanyaan tersebut. Masalahnya terkadang tidak selalu mendapatkan jawaban, mungkin jika mendapatkan jawaban, jawaban tersebut kurang meyakinkan.

Biasanya pengertian Riset/ penelitian dicampur adukkan dengan studi pustaka, pengumpulan data, pengumpulan informasi, penulisan makalah, kajian dokumentasi, perubahan kecil pada sebuah produk dan lain-lain. Kata Riset/ Penelitian biasanya dikonotasikan dengan bekerja eksklusif menyendiri di perpustakaan dan di laboratorium.

Menurut Leddy (1997:3) pengertian riset/ penelitian adalah sebuah proses yang tersusun secara sistematis meliputi pengumpulan data dan analisis data/ informasi dengan tujuan untuk meningkatkan pengetahuan kita mengenai fenomena yang menjadi perhatian kita atau yang sedang kita amati.

Pengertian penelitian yang disampaikan oleh Leddy mempunyai kemiripan dengan Pengertian Penelitian yang disampaikan oleh Dane (1990:4). Bahwa Pengertian Penelitian yaitu sebuah proses kritis untuk menanyaka suatu hal dan berusaha untuk menjawab pertanyaan mengenai fakta dunia. Seperti dengan yang disebutkan diatas, mungkin pada masa lampau, kita memperoleh banyak konsep mengenai pengertian tentang riset/ penelitian yang diantaranya merupakan konsep yang tidak benar. Supaya lebih jelas tentang hal-hal tersebut, berikut ini kajian pengertian yang salah.

Pengertian yang salah tentang Riset/ Penelitian.
Beberapa konsep penelitian yang salah secara umum dapat dilihat dari segi 4 pengertian berikut ini:
  • Penelitian tidak hanya memindahkan fakta dari suatu tempat ke suatu tempat yang lain.
  • Penelitian tidak hanya mengumpulkan data/ Informasi.
  • Penelitian bukanlah sebuah kata besar untuk menarik perhatian.
  • Penelitian tidak hanya bongkar-membongkar untuk mendapatkan informasi.

Pengertian Penelitian yang benar dan Karakteristik Proses Penelitian adalah sebagai berikut:
Pengertian Riset/ Penelitian yang benar menurut Leddy (1997:5). Penelitian merupakan sebuah proses yang didukung oleh data dan sistematis untuk mencapai jawaban atas suatu pertanyaan, dapat menyelesaikan permasalahan, dapat memahami fenomena yang terjadi.

Proses tersebut, yang sering disebut sebagai metodologi penelitian, mempunyai delapan macam karakteristik:
  • Penelitian diawali dengan sebuah permasalahan atau pertanyaan.
  • Penelitian membutuhkan pernyataan yang jelas mengenai tujuan.
  • Penelitian mengikuti rangkain prosedur yang spesifik.
  • Biasanya penelitian membagi permasalhan utama menjadi sub-sub masalah yang lebih bisa dikelola.
  • Penelitian diarahkan ke pertanyaan, permasalahan, atau hipotesis penelitian yang spesifik.
  • Penelitian memperoleh asumsi kritis tertentu.
  • Peneltian membutuhkan pengumpulan data dan interpretasi data untuk mengatasi permasalahan yang memulai penelitian.
  • Secara alaminya Penelitian berputar secara siklus.

Sekarang sudah tahu kan Apa itu Riset atau Penelitian? Semoga penjelasan mengenai Pengertian Riset/ Penelitian diatas dapat menambah pengetahuan kita.

Artikel Terkait